Pengajar Plus - Komunitas Guru Indonesia

Email Cetak PDF

Perkembangan Emosional Anak Usia Dini

emosiaonal pada anakPara psikolog perkembangan dan psikoanalis Erik Erikson berpendapat bahwa perkembangan emosional dan sosial manusia melalui delapan tahap. Empat tahap pertama dalam tahapan emosional dan sosial berkaitan dengan perkembangan anak usia dini. Erikson mengembangkan sosial dan emosional menjadi salah satu teori yang paling popular didunia barat pada proses perkembangan manusia.

 

  • Erikson menyarankan bahwa selama dua tahun pertama dalam kehidupan, seorang anak harus mengembangkan kepercayaan, keamanan dan rasa optimisme yang mendasar. Menurut teori Erikson, optimisme akan hadir bila seorang anak ditangani dengan baik dan dicintai. Namun bila ditangani dengan buruk, maka ia akan menjadi curiga dan merasa tidak aman.
  • Pada usia 18 bulan dan 4 tahun atau tahapan kedua dari kehidupan, teori Erikson menunjukkan bahwa, anak diasuh dengan baik akan memunculkan rasa bangga dan independen, sedangkan bila diasuh dengan buruk maka ia akan merasa malu dan ketergantungan.
  • Pada tahap ketiga pengembangan psikososial antara usia 3 dan 5 tahun. Selama periode ini, anak belajar untuk memperluas keterampilannya dengan menggunakan imajinasi dan fantasinya,dengan cara bekerjasama, memimpin dan mengikuti. Bila terjadi kesalahan dalam pengasuhannya, maka anak akan bergerak dengan rasa bersalah, takut, dan terlalu tergantung pada orang dewasa serta memiliki keterbatasan dalam pengembangan imajinasi dan keterampilan bermain.
  • Tahap keempat perkembangan berlangsung dari usia sekolah sampai remaja awal mereka. Pada tahap ini, anak menunjukkan kemampuannya untuk belajar mengembangkan keterampilan formal dalam kehidupannya. Dia belajar untuk berhubungan dengan teman sebaya, terlibat dalam sebuaha tim, mulai berinteraksi sosial dan disiplin diri yang meningkat. Erikson menunjukkan bahwa anak yang berhasil dalam tahap awal perkembangan diyakini akan memiliki inisiatif penuh dan belajar dengan rajin.

 

 

 

*Sumber : eHow.com/Kartika Maharani